Monday, May 5, 2014

Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


  Karakterisktik PTK


Ø Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas
Menurut buku Wardani, dan Wihardit, Kuswaya. (2011). Penelitian Tindakan. Kelas edisi 1. Jakarta: Universitas Terbuka. hal. 1.5.
·      Adanya masalah dalam PTK dipicu oleh munculnya kesadaran pada diri guru bahwa praktik yang dilakukannya selama ini dikelas mempunyai masalah yang perlu diselesaikan. Dengan perkataan lain, guru merasa bahwa ada sesuatu yang perlu diperbaiki dalam praktik pembelajaran yang dilakukannya selama ini, dan perbaikan tersebut diprakarsai dari dalam diri guru sendiri (an inquiry of practice from within), bukan oleh orang lain, penelitian berawal dari kerisauan guru akan kinerjanya.
·      Self-reflective inquiry, atau penelitian melalui refleksi diri, merupakan ciri PTK yang paling esensial yang bersifat agak longgar, tetapi tetap mengikuti kaidah-kaidah penelitian.
·      PTK dilakukan di dalam kelas, sehingga fokus penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran berupa perilaku guru dan siswa dalam melakukan interaksi.
·      PTK untuk memperbaiki pembelajaran. Perbaikan dilakukan secara bertahap dan terus menerus, selama kegiatan penelitian dilakukan. Oleh karena itu, dalam PTK dikenla adanya siklus pelaksanaan berupa pola: perencanaan-pelaksanaan-observasi-reflesi-revisi (perencanaaan ulang).

Ø  Karakteristik menurut buku Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Kencana
·         PTK dilaksanakan sesuai dengan program pembelajaran yang sedang berjalan, artinya pelaksanaan PTK tidak di setting secara khusus untuk kepentingan penelitian semata
·         Masalah yang dikaji dalm PTK adalah masalah yang bersifat praktis. PTK dimulai dari keresahan yang dialami oleh guru dalam pengeloalaan proses pembelajaran. Oleh karena itu, dari mulai prose perencanaan, pelaksanaan tindakan sampai pada proses penyimpulan guru merupakan pemeran utama.
·         Fokus utama penelitian adalah proses pembelajaran. PTK dilaksanakan untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Oleh karena itu, PTK dilaksanakan dalam setting kelas yang sesungguhnya, bukan kelas yang direkayasa untuk penelitian. Pelaksanaan PTK tidah mengubah program pembelajaran yang telah disusun.
·         Tanggung jawab pelaksanaan dari hasil PTK ada pada guru sebagai praktisi. PTK dirancang oleh guru itu sendiri. Maka guru bertanggung jawab baik dalam melaksanakan maupun dalam menyimpulkan
·         PTK dilaksnakan sesuai dengan program pembelajaran yang sedang bejalan, artinya pelaksanaan PTK tidak di setting secara khusus untuk kepentingan penelitian semata.
·         Terjadi siklus yang bersinambungan
·         Tindakan harus berbeda dari kegiatan biasanya
·         Tindakan oleh guru kepada siswa
·         Kegiatan nyata untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar


Ø   Karakteristik menurut Suyanto (1997), dapat dilihat dari bentuk nyata kegiatan penelitian tindakan kelas itu sendiri. Penelitian tindakan kelas memiliki karakteristik yang khas, yaitu adanya “tindakan-tindakan” tertentu untuk memperbaiki proses mempelajaran di kelas.

Ø   Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas menurut Suhardjono (2007:62) mengajukan beberapa karakteristik sebagai berikut:
·         Adanya tindakan (action). Tindakan itu dilakukan pada situasi alami (bukan dalam laboratorium) dan ditujukan untuk memecahkan permasalahan praktis. Tindakan tersebut merupakansesuatu kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu.
·         Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan penelitian yang tidak saja berupaya untuk memecahkan masalah, tetapi sekaligus mencari dukungan ilmiah.
·         Hal yang dipermasalahkan bukan dihasilkan dari kajian teoritik atau dari hasil penelitian terdahulu, tetapi berasal dari adanya permasalahan yang nyata dan aktual yang terjadi dalam pembelajaran di kelas. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas berfokus pada masalah praktis bukan problem teoritik atau bersifat bebas konteks.
·         PTK dimulai dari permasalahan yang sederhana, nyata, jelas, dan tajam mengenai hal-hal yang terjadi di dalam kelas.
·         Adanya kolaborasi (kerjasama) antara praktisi (guru,kepala sekolah, siswa, dan lain-lain) dan peneliti dalam pemahaman, kesapakatan tentang permasalahan, pengambilan keputusan yang akhirnya melahirkan kesamaan tindakan (action).
·         PTK dilakukan hanya apabila:
a)      Keputusan kelompok dan komitmen untuk pengembangan
b)      Bertujuan meningkatkan profesionalisme guru
c)      Alasan pokok: ingin tahu, ingin membantu, ingin meningkatkan dan
d)     Bertujuan memperoleh pengetahuan dan sebagai pemecahan masalah.

Ø   Dari uraian diatas menurut Mohammad Asrori (2007:9) dapat dikemukan beberapa karakteristik inti dari penelitian tindakan kelas, yaitu:
·       Masalah berasal dari guru
·       Tujuannya memperbaiki pembelajaran
·      Metode utama adalah refleksi diri dengan tetap mengikuti kaidah-kaidah penelitian
·      Fokus penelitian berupa kegiatan pembelajaran
·      Guru bertindak sebagai pengajar dan peneliti.









DAFTAR ISI

Wardani, dan Wihardit, Kuswaya. (2011). Penelitian Tindakan. Kelas edisi 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Kencana
Asrori, Mohammad. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima

No comments:

Post a Comment