RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI Hasanuddin
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : II/ 2
Waktu : 2 x 35 Menit
A.
Standar
Kompetensi:
3. Mengenal berbagai sumber energi yang
sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
B. Kompetensi
Dasar:
3.1
Mengidentifikasi sumber-sumber energi
(panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar.
C.
Indikator:
3.1.1 Menjelaskan
pengertian sumber energi
3.1.2 Menyebutkan macam-macam
energi
3.1.3 Menyebutkan sumber
energi yang ada di lingkungan sekitar
3.1.4
Menyebutkan benda-benda yang dapat menghasilkan energi panas, listrik, cahaya,
dan bunyi
D.
Tujuan:
3.1.1.1 Melalui
penjelasan guru siswa dapat menjelaskan pngertian sumber energi
3.1.2.2
Melalui Tanya jawab siswa dapat menyebutkan macam-macam energi
3.1.2.3
Melalui media gambar siswa dapat menyebutkan sumber energi yang ada di
lingkungan sekitar
3.1.3.4
Melalui permainan dan video siswa dapat menyebutkan benda-benda yang dapat menghasilkan
energi panas, listrik, cahaya, dan bunyi.
E.
Materi Pembelajaran:
Sumber-sumber energi
(Terlampir)
F. Metode
Pembelajaran
Metode Ceramah, diskusi,
Tanya jawab dan permainan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Langkah-langkah
|
||
|
||
A. Kegiatan
Awal ± 10 Menit
1.
Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam
2.
Guru dan siswa berdoa
3.
Guru memberikan semangat dalam belajar
4.
Guru mengecek kehadiran siswa dan menanyakan kabar
5.
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok
6.
Apersepsi, guru menyalakan lampu dan menanyakan kepada siswa bagaimana
keadaan ruangan.
7.
Guru bertanya apakah siswa pernah membantu menjemur pakaian, untuk apa
pakaian dijemur.
8.
Guru menyampaikan pembelajaran yang akan dipelajari
yaitu sumber energy
B.
Kegiatan Inti ± 40 Menit
9.
Guru menjelaskan pengertian sumber energi
10.
Guru mengajak siswa menyanyikan
”Lagu sumber energi (nada
balonku ada 5)”
Api energi panas, setrika
energi listrik, lampu energi cahaya, semua sumber energi. Bisa diubah ubah,
sesuai manfaatnya, mari kita semua, harus selalu menjaga.
11.
Guru tanya jawab tentang lagu yang dinyanyikan
12.
Siswa dapat menyebutkan macam-macam energi
13.
Guru menunjukkan salah satu media gambar yang dapat menghasilkan
energi
14.
Guru dan siswa tanya jawab tentang sumber-sumber
energi yang ada di lingkungan sekitar
15.
guru mengajak siswa untuk bermain tempel menempel
gambar tentang contoh alat-alat rumah tangga yang menghasilkan sumber energi panas,
listrik, cahaya, dan bunyi.
16.
Guru menjelaskan aturan permainan
17.
Guru memberikan reward kepada kelompok yang menang
18.
Guru memberikan lembar portopolio (terlampir) dan
siswa mendiskusikan dengan kelompoknya.
19.
Guru menyuruh siswa diminta untuk membacakannya di depan kelas secara bergiliran.
20.
Guru meminta
siswa untuk menyaksikan video tentang sumber energi
21.
Guru memberikan
tugas soal individu
22.
Guru dan siswa
membahas bersama-sama
C.
Kegiatan Penutup ± 20 Menit
23.
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya hal-hal
yang belum dipahami
24.
Siswa dibantu guru
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah diajarkan.
25.
Guru mengakhiri
pembelajaran dengan memberikan motivasi agar tetap semangat belajar
26.
Guru dan siswa berdoa dan mengucapkan salam
|
H.
Alat dan Sumber
-
Alat: Media gambar sumber sumber energy
-
Sumber: Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 2 oleh Heri
Sulistyanto, dkk. 2008. Pusat Pembukuan (hal 59)
I.
Penilaian
-
Bentuk Penilaian : Isian
-
Jenis Penilaian : Tertulis
-
Instrumen : lembar
Portopolio, Soal Individu, Kunci Jawaban dan Pedoman penilaian
Mengetahui Sidoarjo,…………………….2017
Kepala Madrasah Guru
IPA
CHUMAIROH F, S.Pd.I CHIKA
HUTAMI S, S.Pd
Ø Instrumen
Lembar Portopolio (Tugas Kelompok)
Nama Kelompok:…………………
Anggota:1. …………………..3…………………5…………………..7…………………..
2. ………………… 4………………....6…………………..8………………….
A. Jodohkan
gambar sesuai dengan sumber energi
B. Jawablah
soal soal dibawah dengan jawaban yang tepat!
1.
Untuk apa saja
kamu memakai energi listrik?............................
2.
Sebutkan 3
contoh sumber energi yang menghasilkan panas?.........................
3.
Sebutkan 3
contoh sumber energi yang menghasilkan bunyi?.........................
4.
Apa manfaat
utama dari televisi?..............
5.
Sebutkan 2 alat
penghasil cahaya?.............
Ø Instrumen
Soal Individu
Nama:………………………..
Isilah titik-titik berikut dengan benar !
1. Terompet dapat menjadi sumber bunyi jika ....
2. Alat
pada gambar di samping memanfaatkan energi ....
3. Lampu dinyalakan agar ruangan menjadi ....
4. Contoh alat yang menghasilkan bunyi adalah
...., dan ....
5. Sumber energi cahaya adalah ....
6. Contoh alat yang menghasilkan cahaya adalah
...., dan ....
7. Setelah dialiri listrik kipas angin dapat ....
8. Televisi dapat menyala jika ....
9. Bahan bakar yang digunakan mobil adalah ....
atau ....
10. Mematikan kompor saat tidak digunakan
merupakan tindakan .... energi.
Ø Kunci
Jawaban:
1.
Ditiup
2.
Listrik
3.
Terang
4.
Terompet, gendang dan seruling
5.
Kemampuan yang menghasilkan cahaya
6.
Lampu, senter dan lilin
7.
Bergerak
8.
Dialiri listrik
9.
Bensin atau solar
10.
Menghemat
Ø Materi
Sumber-sumber Energi
1.
Sumber energi yaitu sesuatu
yang dapat menghasilkan energi.
2.
Panas, bunyi, cahaya,
listrik, dan kimia merupakan sumber-sumber dari energi.
3.
Sumber energi panas yaitu
solder listrik, elpiji, dan matahari.
4.
Sumber energi cahaya yaitu
cahaya matahari, dan lampu listrik.
5.
Benda yang menghasilkan
bunyi disebut sumber energi bunyi, misalnya alat-alat yang dapat menghasilkan
bunyi adalah terompet, gitar, gendang, dan gong
6.
Kipas angin, lampu listrik,
dan televisi dapat menyala karena adanya energi listrk.
7.
Sumber energi kimia yaitu
makanan.
8.
Mematikan lampu saat tidak
diperlukan merupakan salah satu cara menghemat energi.
Pedoman
Penilaian
Penilaian Kelompok
No
|
Nama
Siswa
|
Keberanian
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
|||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dll
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1. Keberanian
(Bertanya, tampil didepan kelas, bertanggung jawab)
Skor 4 : Jika 3
kompenen muncul dalam pembelajaran
Skor 3 : Jika 2
kompenen muncul dalam pembelajaran
Skor 2 : Jika 1
kompenen muncul dalam pembelajaran
Skor 1 : Jika
tidak ada kompenen muncul dalam pembelajaran
2.
Keaktifan
(Dalam kelompok dan individu)
Skor
3 : Jika 2 kompenen muncul dalam pembelajaran
Skor
2 : Jika 1 kompenen muncul dalam pembelajaran
Skor
1 : Jika tidak ada kompenen muncul dalam pembelajaran
3.
Kerjasama
(kekompakan dan keselarasan)
Skor 3 : Jika 2
kompenen muncul dalam pembelajaran
Skor 2 : Jika 1
kompenen muncul dalam pembelajaran
Skor 1 : Jika
tidak ada kompenen muncul dalam pembelajaran
Penilian Individu
No
|
Nama
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
Dll
|
|
|
Kriteria
Penilaian:
Setiap
soal diberi nilai 20, skor maksimal 100
Nilai
= ( jumlah skor : jumlah skor maksimal ) x 100
No comments:
Post a Comment