RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
MI Hasanuddin
|
Mata
pelajaran
|
:
MATEMATIKA
|
Kelas/Semester
|
:
IV/Genap
|
Alokasi
Waktu:
|
:
2 × 35 menit
|
Materi
Pokok : Sifat-sifat Balok dan Kubus
A.
Standar Kompetensi :
8. Memahami sifat bangun ruang
sederhana dan hubungan antar bangun datar
B.
Kompetensi
Dasar :
8.1
Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana
C. Indikator :
8.1.1
Menyebutkan jenis-jenis bangun ruang
8.1.2
Mengidentifikasi sifat-sifat balok dan kubus
8.1.3
Menghubungkan bangun ruang balok dan kubus dengan
benda di lingkungan sekitar
8.1.4
Menggambar model balok dan kubus
D.
Tujuan
Pembelajaran :
8.1.1.1
Melalui
media kerangka bangun ruang, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis bangun ruang
8.1.3.2 Melalui pengamatan, siswa
dapat menyebutkan sifat-sifat balok dan kubus
8.1.3.3 Melalui penemuan, siswa dapat menghubungkan bangun ruang balok dan
kubus
dengan benda di lingkungan sekitar
8.1.4.4 Melalui pengamatan, siswa
dapat menggambar model balok dan kubus
Karakter yang diharapkan :
Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ), Ketelitian ( carefulness), Kerja sama ( Cooperation ),
Percaya diri ( Confidence )
E.
Materi Pembelajaran : Sifat-sifat balok dan kubus (Terlampir)
F.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran:
Ø Pendekatan : Konstektual
Ø Model : Kooperatif
Ø Metode : Pengamatan,
diskusi, Tanya jawab, demontrasi dan ceramah
G.
Langkah-langkah Pembelajaran :
Jenis Kegiatan
|
Kegiatan Guru
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam dan menyapa siswa
2.
Guru mengkondisikan siswa untuk siap mengikuti
pembelajaran.
3.
Siswa berdo’a yang dipimpin oleh ketua kelas
4.
Guru mengecek
kehadiran siswa.
5.
Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi
sebelum melaksanakan pembelajaran inti dengan tanya jawab, misalnya:
“coba lihat ruang
kelas, ada yang tahu bentuknya apa?”
“kalau benda yang
ibu bawa,bentuknya apa ya?”
6.
Guru memberikan motivasi kepada siswa agar
semangat belajar
7.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang
kegiatan yang akan dilakukan dan menyampaikan tujuan pembelajaran mengenai
sifat-sifat bangun datar dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
8.
Guru bertanya kepada siswa mengenai bangun ruang
dengan bertanya mengenai ruang kelas yang sedang
9.
Setelah
itu, guru memperlihatkan kerangka bangun ruang, guru bertanya kepada siswa
nama-nama bangun ruang tersebut
10. Setelah memperlihatkan bangun-bangun ruang, guru
bertanya kepada siswa tentang contoh nyata bentuk bangun ruang yang ada di
sekitar. Misalnya
ruang kelas, keranjang tempat sampah, kotak makan, kotak pensil dll.
11. Guru mendemonstrasikan kepada siswa tentang
struktur yang membentuk bangun ruang tersebut ada sisi, rusuk, dan sudut.
12. Guru menginsturksikan
siswa untuk membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa
13. Guru menginstruksikan
kepada setiap kelompok untuk megidentifikasi sifat-sifat bangun-bangun ruang
yang tertera pada lembar kerja siswa
14. Guru menginstruksikan
kepada siswa untuk mengisi lembar kerja
15. Guru memberikan waktu
kepada siswa untuk berdiskusi mengenai bangun ruang. Selama kegiatan berdiskusi
guru memberikan bimbingan dan memfasilitasi kegiatan diskusi siswa
16. Setelah selesai, guru
menginstruksikan kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil
kerjanya.
17. Guru menggunakan
kerangka bangun ruang untuk membuktikan hasil kerja dari setiap kelompok
18. Guru memberikan
tanggapan positif tentang penampilan setiap kelompok tersebut
19. Guru
menginstruksikan siswa untuk kembali duduk ke tempatnya masing-masing
20. Guru bertanya kepada
siswa tentang pemahamanya mengenai materi yang telah dipelajari
21. Guru memberikan
lembar evaluasi dari kegiatan yang telah dilakukan
|
50 menit
|
Kegiatan Akhir
|
22. Guru melakukan
refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan dengan bertanya tentang
kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
23. Guru menutup kegiatan
pembelajaran, dan mengingatkan siswa untuk belajar materi pembelajaran
selanjutnya
24. Guru menutup pelajaran
dengan doa
|
10 menit
|
H. Sumber dan Media Pembelajaran :
Ø Buku Paket
Ø Bangun ruang dengan alat peraga dari
karton
Ø Benda-benda di sekitar siswa
I. Penilaian
:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
8.1.1
Menyebutkan jenis-jenis
bangun ruang
8.1.2
Mengidentifikasi sifat-sifat balok dan
kubus
8.1.3
Menghubungkan bangun ruang balok dan kubus dengan benda di lingkungan sekitar
8.1.4
Menggambar model balok dan kubus
|
Tes
Tertulis
|
Uraian
|
1. Sebutkan jenis-jenis bangun ruang yang
kamu ketahui! (minimal 3)
2. Tentukan jumlah sisi, rusuk dan sudut
bangun ruang di bawah ini!
3. Sifat-sifat dari bangun ruang di bawah
ini adalah :
a. Balok
b. kubus
4. Sebutkan contoh bentuk bangun ruang yang
ada di sekitar mu!
5. Gambarlah bangun balok dan kubus!
|
Format Kriteria Penilaian
Ø Produk
No
|
Aspek yang dinilai
|
|
Kriteria Penilain (Skor)
|
|
|
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Ketelitian menentukan jumlah sisi, rusuk dan titik sudut setiap
bangun ruang
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus
|
|
|
|
|
Keterangan :
Skor
4 : Sangat Baik
Skor
3 : Baik
Skor
2 : Cukup
Skor
1 : Kurang
Ø Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Yang Di Nilai
|
|||||||||||||||||
Disiplin
|
Tekun
|
Tanggung
Jawab
|
Percaya
Diri
|
Bekerjasama
|
Ketelitian
|
||||||||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|||||||||||||||||||
Keterangan nilai:
Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup Baik
Skor 1 : Kurang Baik
Ø Psikomotor
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
*Pengetahuan
*Kadang-kadang
Pengetahuan
*Tidak
Pngetahuan
*Aktif Praktek
*Kadang-kadang
aktif
*Tidak
aktif
*Sikap
*Kadang-kadang
Sikap
*Tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
||
Produk
|
Sikap
|
Psikomotor
|
||
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang
tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Sidoarjo, …………………………
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Matematika
CHUMAIROH F, S.Pd.I Chika
Hutami Subagdo, S.Pd
LEMBAR KERJA SISWA ( LKK)
Nama Kelompok :………..
Anggota Kelompok:
1………………………… 4………………………………
2………………………… 5………………………………
3………………………… 6………………………………
Tentukanlah jumlah sisi, rusuk, dan sudut dari bangun
ruang di bawah ini!
No.
|
Nama Bangun Ruang
|
Jumlah Sisi
|
Jumlah Rusuk
|
Jumlah Sudut
|
Ciri Khusus Bangun Ruang
|
|||
1.
|
Kubus
|
|||||||
2.
|
Balok
|
Evaluasi
Nama :…………………………….
Kelas :………………………………
Latihan!
- Sebutkan jenis-jenis bangun ruang yang
kamu ketahui! (minimal 3)
- Tentukan jumlah sisi, rusuk dan sudut
bangun ruang di bawah ini!
a. balok b. kubus
- Sifat-sifat dari bangun ruang di bawah
ini adalah :
a.
Balok b. kubus
- Sebutkan contoh bentuk bangun ruang yang
ada di sekitar mu!
- Gambarlah bangun balok dan kubus
Kunci Jawaban!
- Balok, kubus, kerucut, tabung, prisma
tegak segiempat, prisma tegak segitiga, limas segiempat.
- a. Jumlah sisi = , Jumlah rusuk = 8, Jumlah
sudut =
b.
Jumlah
sisi = 4, Jumlah rusuk = 9, Jumlah sudut = 6
- a. Sifat dari bangun ruang balok adalah
Ø
Memiliki rusuk 12 buah dan
sama panjang
Ø
Memiliki 8 titik sudut
Ø
Memiliki 6 Sisi.
Sisi-sisinya terbentuk dari persegi ABCD=EFGH=ADEH=BCFG=ABFE=CDGH
b.Sifat dari bangun ruang
balok adalah
- Lemari, botol, bola, atap rumah, kotak tisu dll.
tempat
tisu Botol tempat
kapur
5.
No comments:
Post a Comment