“
Silent Way “
A. Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
B. Kelas
: 3 Semester 2
C. Kompetensi
:
Siswa mampu mengusai grammar
to be (is, am, are) dalam bentuk kalimat sederhana
D. Indikator
:
Ø Siswa mampu menyebutkan 3 to
be (is, am, are)
Ø Siswa mampu menyebutkan
beberapa kata benda yang ada disekitar kelas
Ø Siswa mampu mengucapkan kalimat dengan menggunakan to
be
Ø Siswa mampu membuat kalimat
positif dengan menggunakan to be
E. Waktu
: 60 Menit
F. Metode
: Silent Way
G. Media/referensi
Ø Media : Stick berwarna
dan gambar
Ø Gambar benda yang ada disekitar kelas
Ø Referensi : LKS Bimbel
Bahasa Inggris Kelas 3 Semester Genap
H. Langkah-langkah
:
1. Guru menyuruh siswa untuk
membentuk 3 kelompok
2. 3 kelompok membentuk lingkaran
Kelompok 1 berwarna merah
Kelompok 2 berwarna hijau
Kelompok 3 berwarna biru
3. Guru memberikan intruksi
kepada kelompok 1 serta guru menyuruh kelompok lain untuk mendengarkan dan
mengamati
4. Guru menunjukkan gambar
benda-benda yang ada disekitar ruang kelas, kemudian guru
Misalnya: chair, table, white
board, and marker
Jika peserta didik menjawab
salah maka guru menunjuk peserta didik yang lain untuk menjawab dengan benar, guru tidak boleh membenarkan
5. Kemudian guru menunjukkan
median berupa stick berwarna
Misalnya guru mengambil stick
berwarna merah, hijau, biru dan ungu
Stick merah berarti this
Stick pink berarti these
Stick hitam berarti i
Stick hijau berarti is
Stick biru berarti are
Stick ungu berarti am
Stick orange berarti a
6. Guru mengambil stick berwarna
merah, hijau, 1 orange dan gambar benda white board
Misalnya guru
menyusun stick berwarna merah, kemudian sebelahnya stick berwarna hijau, 1
stick berwarna orange dan gambar benda white board
7. Guru menunjuk salah satu
peserta didik untuk menjawab susunan yang ada diatas, sampai benar menjawab,
agar guru mengetahui peserta didik sudah paham apa belum maka guru menunjuk
satu persatu peserta didik
8. Guru menyuruh salah satu
peserta didik untuk membuat atau menyusun kalimat sederhana dengan menggunakan
stick berwarna dan gambar benda-benda yang ada disekitar kelas
Misalnya peserta
didik menyusun sebagai berikut:
this
is
a
pencil
Guru menunjuk
peserta didik yang lain untuk menjawab susunan kata yang dibuat oleh temannya
9. Guru menyuruh kelompok 2 maju
kedepan
10. Guru mengambil stick berwarna
merah, biru, 4 orange dan gambar benda marker
Misalnya guru
menyusun stick berwarna pink, kemudian sebelahnya stick berwarna biru, 4 stick
berwarna orange dan gambar benda marker
these
are
four
markers
11. Guru menunjuk salah satu
peserta didik untuk menjawab susunan yang ada diatas, sampai benar menjawab,
agar guru mengetahui peserta didik sudah paham apa belum maka guru menunjuk
satu persatu peserta didik
12. Guru menyuruh salah satu
peserta didik untuk membuat atau menyusun kalimat sederhana dengan menggunakan
stick berwarna dan gambar benda-benda yang ada disekitar kelas
Misalnya peserta
didik menyusun sebagai berikut:
these
are
two
chairs
13. Kemudian kelompok 3 maju
kedepan
14. Guru mengambil stick berwarna
merah, ungu, 1 orange dan guru sebagai model
Misalnya guru
menyusun stick berwarna merah, kemudian sebelahnya stick berwarna ungu, 1 stick
berwarna orange dan guru sebagai model
i
am
a
teacher
15. Guru menunjuk salah satu
peserta didik untuk menjawab susunan yang ada diatas, sampai benar menjawab,
agar guru mengetahui peserta didik sudah paham apa belum maka guru menunjuk
satu persatu peserta didik
16. Guru dan peserta didik menyimpulkan materi yang disampaikan yaitu
mempelajari grammar to be (is, am, are) dalam bentuk kalimat sederhana.
No comments:
Post a Comment