Wednesday, November 13, 2013

Metode Silent Way

“ Silent Way “

A.    Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
B.     Kelas               : 3 Semester 2
C.     Kompetensi     :
Siswa mampu mengusai grammar to be (is, am, are) dalam bentuk  kalimat sederhana
D.    Indikator         :
Ø    Siswa mampu menyebutkan 3 to be (is, am, are)
Ø    Siswa mampu menyebutkan beberapa kata benda yang ada disekitar kelas
Ø    Siswa mampu mengucapkan kalimat dengan menggunakan to be
Ø    Siswa mampu membuat kalimat positif dengan menggunakan to be
E. Waktu               : 60 Menit
F.      Metode              : Silent Way
G.    Media/referensi 
Ø  Media  : Stick berwarna dan gambar
Ø  Gambar benda yang ada disekitar kelas
Ø  Referensi  : LKS Bimbel Bahasa Inggris Kelas 3 Semester Genap

H.    Langkah-langkah        :
1.      Guru menyuruh siswa untuk membentuk 3 kelompok
2.      3 kelompok membentuk lingkaran
   Kelompok 1 berwarna merah
   Kelompok 2 berwarna hijau
   Kelompok 3 berwarna biru                                           
3.      Guru memberikan intruksi kepada kelompok 1 serta guru menyuruh kelompok lain untuk mendengarkan dan mengamati
4.   Guru menunjukkan gambar benda-benda yang ada disekitar ruang kelas, kemudian guru
  Misalnya: chair, table, white board, and marker
  Jika peserta didik menjawab salah maka guru menunjuk peserta didik yang lain untuk menjawab dengan benar, guru tidak boleh membenarkan
5.   Kemudian guru menunjukkan median berupa stick berwarna
Misalnya guru mengambil stick berwarna merah, hijau, biru dan ungu
      Stick merah berarti this
      Stick pink berarti these
      Stick hitam berarti i
      Stick hijau berarti is
      Stick biru berarti are
      Stick ungu berarti am
      Stick orange berarti a
                                
6.      Guru mengambil stick berwarna merah, hijau, 1 orange dan gambar benda white board
       Misalnya guru menyusun stick berwarna merah, kemudian sebelahnya stick berwarna hijau, 1 stick berwarna orange dan gambar benda white board
7.      Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab susunan yang ada diatas, sampai benar menjawab, agar guru mengetahui peserta didik sudah paham apa belum maka guru menunjuk satu persatu peserta didik
8.      Guru menyuruh salah satu peserta didik untuk membuat atau menyusun kalimat sederhana dengan menggunakan stick berwarna dan gambar benda-benda yang ada disekitar kelas
       Misalnya peserta didik menyusun sebagai berikut:

        this                       is                     a                                      pencil
       Guru menunjuk peserta didik yang lain untuk menjawab susunan kata yang dibuat oleh temannya
9.      Guru menyuruh kelompok 2 maju kedepan
10.  Guru mengambil stick berwarna merah, biru, 4 orange dan gambar benda marker
       Misalnya guru menyusun stick berwarna pink, kemudian sebelahnya stick berwarna biru, 4 stick berwarna orange dan gambar benda marker

                         these                         are                      four                     markers
11.  Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab susunan yang ada diatas, sampai benar menjawab, agar guru mengetahui peserta didik sudah paham apa belum maka guru menunjuk satu persatu peserta didik
12.  Guru menyuruh salah satu peserta didik untuk membuat atau menyusun kalimat sederhana dengan menggunakan stick berwarna dan gambar benda-benda yang ada disekitar kelas
       Misalnya peserta didik menyusun sebagai berikut:

                    these                           are               two                      chairs
13.  Kemudian kelompok 3 maju kedepan
14.  Guru mengambil stick berwarna merah, ungu, 1 orange dan guru sebagai model
Misalnya guru menyusun stick berwarna merah, kemudian sebelahnya stick berwarna ungu, 1 stick berwarna orange dan guru sebagai model

                               i                          am               a                                     teacher
15.  Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab susunan yang ada diatas, sampai benar menjawab, agar guru mengetahui peserta didik sudah paham apa belum maka guru menunjuk satu persatu peserta didik
16.  Guru dan peserta didik menyimpulkan materi yang disampaikan yaitu mempelajari grammar to be (is, am, are) dalam bentuk  kalimat sederhana.

No comments:

Post a Comment