Buatlah suatu perencanaan didalam
pembelajaran untuk menghasilkan sosialisasi yang baik didalam pembelajaran
Suatu Perencanaan didalam Pembelajaran:
Menurut saya, untuk menghasilkan
sosialisasi yang baik didalam pembelajaran, meliputi:
Perencanaan
Pertama saya harus mengetahui karakteristik peserta didik.
Karaktertik siswa SD pada saat ini usia
dimulai dari usia 6-12 tahun
Usia 6-12 tahun -Masa
Penyesuaian Diri Atau Berkelompok
- Masa SD/Periode Keserasian/ anak Sudah
Matang Sekolah
Karakteristik pada Masa Kelas Rendah SD (Kelas 1,2, dan 3)
a. Ada hubungan kuat antara keadaan jasmani dan prestasi sekolah
b. Suka memuji diri sendiri
c. Apabila
tidak dapat menyelesaikan sesuatu, hal itu dianggapnya tidak penting
d. Suka
membandingkan dirinya dengan anak lain dalam hal yang menguntungkan dirinya
e. Suka meremehkan orang lain
Karakteristik pada Masa Kelas Tinggi SD (Kelas 4,5, dan 6).
a.
Perhatianya tertuju pada kehidupan praktis sehari-hari
b. Ingin tahu, ingin belajar, dan realistis
c. Timbul minat pada pelajaran-pelajaran khusus
d. Anak
memandang nilai sebagai ukuran yang tepat mengenai prestasi belajarnya di
sekolah.
Perencanaan Kedua setelah saya
mengetahui karakteristik peserta didik, perencanaan selanjutnya dengan cara
pengolahaan kelas
Pengelolaan kelas sangat penting dalam
proses pembelajaran yang mendukung untuk menghasilkan sosialisasi yang baik
dengan begitu pengelolaan kelas disini bertujuan untuk menciptakan kondisi
kelas yang memungkinkan berlangsung proses pembelajaran.
Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan
kelas yang efektif merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran,
prasyarat terciptanya pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu, salah satu
tugas guru dalam membantu peserta didik belajar ialah menciptakan situasi kelas
yang hangat, aman, sehat dan menghasilkan sosialisasi didalam pembelajaran.
Situasi kelas yang penuh keakraban akan memberikan rasa aman dan kebebasan
kepada peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Dalam situasi belajar yang seperti inilah tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan guru akan dapat dicapai peserta didik.
Perencanaan Ketiga Penataan Lingkungan
Kelas
Penataan
lingkungan kelas ada 2 macam, antaranya:
1.
Penataan
Lingkungan Fisik Kelas
Lingkungan
fisik kelas yang mempengaruhi lancarnya proses pembelajaran adalah tatanan
ruangan kelas dan isinya. Prinsip-prinsip yang harus diperhatikan guru dalam
menata ruangan kelas adalah keleluasaan pandangan, kemudahan mencapai
sesuatu/mudah dijangkau, keluwesan, kenyamanan, dan keindahan.
Agar
proses sosialisasi terjadi guru memperhatikan dalam penataan tempat duduk,
berikut penataan tempat duduk agar peserta didik akan berinteraksi
sosialisasinya.
Penataan
tempat duduk seperti gambar di atas tepat untuk kegiatan pembelajaran melalui
diskusi kelompok. Dengan penataan tempat duduk peserta didik akan bekerja sama
secara tidak langsung peserta didik akan bersosialisasi dengan satu sama lain.
2.
Penataan
Lingkungan Psiko-Sosial Kelas
Ø Karakter guru yang dapat menunjang
terciptanya hubungan sosio-emosional di kelas, antara lain adalah disukai oleh
peserta didik, memliki persepsi yang realistik tentang dirinya dan peserta
didik, akrab dengan peserta didik dalam batas hubungan guru-siswa, bersikap
positif terhadap pertanyaan peserta didik, serta sabar, teguh, dan tegas.
Ø Hubungan sosio-emosional antarsiswa
dapat ditinggatkan melalui kegiatan kelompok, baik belajar kelompok maupun
bekerja kelompok.
Hubungan
sosial antarsiswa ini juga akan menghasilkan sosiologi yang baik dimana guru
mampu menciptakan hubungan sosial yang baik antarsiswa, serta guru sebaiknya
memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih mengenal teman-temannya sehingga
mereka akan merasa sebagai satu kesatuan. Misalnya ada temannya yang mengalami
masalah, mereka tentu berusaha membantunya. Perasaan semacam tersebut akan
tumbuh pada diri peserta didik apa bila memberikan kesempatan kepada mereka
untuk belajar atau bekerja kelompok siswa dituntut bekerja sama satu sama lain.
Perencanaan
Keempat
Didalam proses pembelajaran bahwa kelas
merupakan masyarakat kecil tempat para siswa dan guru bergaul dan bersosialisasi.
Selain bersosialisasi di lingkungan kelas, peserta didik juga bersosialisasi di
lingkungan keluarga yang mendukung dan lingkungan masyarakat. Seperti halnya di
lingkungan masyarakat, di lingkungan kelas peserta didik juga harus bisa menjaga hubungan sosialisasi
yang baik dengan cara menghargai dan menghormati semua teman yang berada di sekolah khususnya di dalam
kelas. Kelas memiliki cara agar hubungan
sosialisasi tetap dapat terjalin dengan baik, yaitu dengan cara belajar
bersama, baik di sekolah atau di rumah teman.
Cara ini efektif untuk menjaga hubungan sosialisasi
peserta didik, peserta didik jadi mengetahui lingkungan tempat tinggal teman-temannya,
kebiasaan dan sifat setiap teman-temannya yang berbeda, karena seringnya bertemu.
Bahkan, dapat menceritakan berbagai masalah yang dihadapi dan mencari jalan keluarnya
bersama. Sungguh membahagiakan rasanya karena hubungan sosialisasi yang baik,
terciptalah berbagai kenangan yang indah bersama, tertawa bersama, berusaha bersama
mencapai cita-cita. Kelas yang ada disekolah adalah keluarga kedua dari pesertadidik,
setelah keluarga di rumah.
Di dalam kehidupan, hubungan sosialisasi
yang baik dapat menciptakan berbagai hal, bahkan keajaiban. Kebahagian,
harapan, kesedihan, kemarahan, kekaguman adalah beberapa contoh dari berbagai perasaan
yang tercipta kareana adanya hubungan sosialisasi.Dan selalu ingin menjaga hubungan
sosialisasi yang baik dengan semua orang di dalam berbagai lingkungan dimana berada.
No comments:
Post a Comment